Minggu, 08 Agustus 2010

BUAT APA JADI BLOGGER?


Pertama saya cuma sedang mencoba menganalisa mengapa ada orang membuat blog tanpa alasan yang jelas. Mungkin sekedar ikut-ikutan atau karena trend. Tapi toh semua juga berawal dari saling ikut-ikutan, yang lalu berlanjut jadi serius bila hal yang di ikuti ternyata benar-benar menarik.

Dari http://a-iboy.co.cc/?p=33 ada 10 alasan pemilik blog ini mengapa dia menjadi blogger.
1. Suka Tantangan
2. Mudah & Murah
3. Ngeblog Melatih Kita Mahir Dalam Menulis
4. Menumbuhkan Minat Baca Yang Luar Biasa
5. Sarana Mengekspresikan Diri
6. Sarana Menambah Pertemanan
7. Sarana Publikasi dan Bertukar Informasi
8. Sarana Membentuk Opini Publik
9. Sarana Untuk Mencari Pengahasilan Tambahan
10. Popularitas

Sedikit banyak saya setuju dengan ke-10 alasan di atas. Tapi saya tidak ingin membahasnya satu persatu. Dari sudut pandang saya pribadi, saya menjadi blogger karena saya memang suka menulis, bukan lagi hobby tapi sudah menjadi kebutuhan, sama halnya dengan betapa mencandunya saya akan buku, membaca buku. Ditahun ke-2 menjadi blogger ini, saya sudah menulis ratusan tulisan yang saya posting di blog. Lebih banyak tulisan bertema "SEMAU GUE" alias tidak perduli dengan sudut pandang orang lain. Kejadian sehari-hari yang saya alami sendiri, masalah pribadi yang saya lewati, pengamatan saya akan orang-orang di sekitar saya yang kebanyakan adalah orang-orang ANEH (karena akan mubadzir menulis tentang orang-orang yang biasa-biasa saja,,hahaha...)

Satu alasan yang saya garis bawahi tentang alasan menjadi blogger adalah sebagai sarana publikasi dan aktualisasi diri. Blog adalah area publik dimana seluruh dunia BEBAS untuk mengakses, sekedar membaca atau sampai berbagi opini di kolom komentar. Hampir semua yang membaca dan berkomentar di blog saya adalah teman-teman yang memang mengenal saya secara pribadi (sekalipun mereka memakai nama samaran). Tapi saya juga punya komentator yang saya sama sekali tidak kenal dan saya suka dengan komentar yang mereka berikan di beberapa tulisan saya. Ada yang menemukan email saya dan mengobrol di masanger. Saya menulis apapun yang saya sedang pikirkan, saya sedang alami, saya sedang rencanakan, terkadang tak berpikir bagaimana pendapat orang atas tulisan saya. Dari SD saya sudah mulai menulis, saya dibelikan sebuah diary oleh nenek saya. Lalu saya mulai saling menukar isi diary untuk bibaca bersama dengan 2 orang teman SD saya waktu itu. Dan dari situlah sepertinya kecintaan saya menulis mulai tumbuh. selain itu saya juga mulai merasa suka menulis sejak saya bisa dan merasa asyik mengisi soal ujian cawu di SD untuk pelajaran Bahasa Indonesia, dimana selalu ada soal mengarang.

Kalau Anda juga setuju dengan alasan saya bahwa di media publik ini kita bisa mempublikasikan hasil tulisan, kemudian berbagi hasil pemikiran, aktualisasi diri dan berharap bisa menginspirasi banyak orang, lalu bagaimana kalau ada kejadian seorang blogger seperti ini....

"Seorang teman membuat blog dengan bantuan saya, mungkin juga mengikuti saya sebagai blogger yang sudah lumayan lama menulis. Nama panggilan yang saya berikan disepakati jadi nama blog nya. Singkat cerita, saya "bermasalah" dengan teman saya ini. Saya sudah mencoba memperbaiki tapi ternyata justru akses saya untuk mendekat semakin ditutup rapat. Awalnya dia mengganti nama blog-nya yang dengan sangat mudah saya temukan kembali. Saya memberi komentar untuk sebuah tulisannya di akhir Juli lalu. Dia (lagi-lagi) CUMA menuis sebuah cerita dari sebuah buku, yang sayangnya walaupun dia tidak menyebutkan dari mana tulisan itu diambil, saya juga dengan mudah tahu karena saya mempunyai buku itu. Buku yang sudah sangat lama, Chicken Soup for The Couple Soul. Cerita yang diambil dari buku itu adalah cerita pertama di buku tersebut. Saya sangat ingat karena itu salah satu buku favorit saya. Lalu saya postingkan sebuah komentar yang SANGAT netral sebagai pembaca blog nya.
Saya hanya bilang, bahwa saya tau itu dari mana dan saya juga selalu menangis pada saat membaca cerita itu, sekalipun sudah ratusan kali saya baca.
Sore ini, saya membuka blognya dan ternyata sudah tidak bisa saya masuki. Over Protective!!! Itu yang saya rasa. Karena blognya dibatasi, hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang dia undang saja. Orang-orang tertentu yang dia kehendaki (yang saya curigai hanya dia dan pacarnya saja,,hehehehe...)

Kembali ke alasan mengapa menjadi seorang blogger,,saya bertanya-tanya buat apa membuat blog yang hanya bisa dibaca sendiri,,sedangkan jelas-jelas saya baca bahwa dia mau menginspirasi banyak orang lain dan berharap membawa pesan kebaikan bagi pembacanya. SO,,bagaimana bisa tujuan itu tercapai kalau untuk mengakses blog nya saja tidak bisa sembarang orang???
Beli saja diary,,tulis,,lalu sekalian saja dikunci di brankas!! Thats All!!

Well,,itu kembali kepada pribadi masing-masing blogger. Jujur saya sedih kehilangan sebuah pribadi yang menyenangkan, dari seorang teman yang saat ini sudah sangat-sangat berubah.
But everybody's changing,,dan mencoba menghargai pilihannya untuk berubah.
Okay,,,saya hanya berharap adanya sebuah komitmen untuk semua yang dijalani, sekecil apaun itu. Termasuk menjadi blogger. ^_^

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Dia mungkin hanya ingin kamu baca saja blognya tanpa harus kamu komentari..
Seperti halnya dia juga membaca semua tulisan dalam blogmu tanpa harus dia komentari..
That's my opinion...
^_^

Anonim mengatakan...

Terkadang banyak orang melakukan sesuatu tanpa disadari. Termasuk temen lu yang sebegitu niatnya ngejauhin lu. Tapi itu urusan kalian, gue gak tau pasti apa yang ngebuat kalian bermasalah.

Yang jelas dia gak layak disebut blogger kalo tulisannya gak mau dibaca and dikomentari orang laen.
Mending gak usah ngeblog aja sekalian,,hahaha...

Btw,,temen lu cewek apa cowok tuh? Kok lebay ya kayaknya :)))))

sweet-pharmasist mengatakan...

1st Animous : sepertinya dia juga berkomentar kok di blog ini ^_^ dan tetap ada sampai sekarang,,lagi pula mungkin memang tidak berjiwa blogger dia,,hehehehe...
thanks for the opinion ^_^

2nd Animous : kiara condongkah ini? ^_^
Teman saya ini laki2 mas,,mungkin dia tau saya panuan jadi jauh2 deh biar gak ketularan,,hihihi...
trimakasih sedah berkunjung ^_^

Poskan Komentar